Website dan Radio MAN 2 Bantul Integrasikan Menu EWS

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Website dan Radio MAN 2 Bantul Integrasikan Menu EWSBantul (MAN 2 Bantul) – EWS (Early Warning System) adala suatu alat sensor yang dapat mendeteksi adanya gempa bumi dan tsunami. Munculnya konsep pemikiran sistem peringatan dini ini diprakarsai atas dasar antisipasi maupun kesiapsiagaan dari keadaan bahaya bencana yang mana akan membawa dampak kerusakan bagi keberlangsungan hidup manusia. Maka dari itu, adanya EWS ini merupakan gebarakan dari sebuah kemajuan peradaban guna meminimalisir rusaknya infrastruktur khususnya korban jiwa akibat bencana.

MAN 2 Bantul yang sudah mempunyai website lengkap dengan fitur-fitur aplikasinya mengintegrasikan web pada EWS. Dengan integrasi ini maka tampilan web termasuk radio streaming akan menampilkan informasi terkini berkaitan dengan kejadian gempa bumi dan tsunami. Saat EWS mendeteksi gempa maka otomatis tampilan website dan siaran radio akan berubah menjadi tampilan informasi dari BMKG (Badan Metereologi dan Klimatologi dan Geofisika), praktis aktivitas yang menggunakan computer link website MAN 2 Bantul akan berhenti sejenak.

Dalam liputan berita ini, penulis  pada Selasa (6/4/2020) menanyakan perihal integrasi EWS ini pada pakar IT MAN 2 Bantul sebagai tokoh utama website Joko Supriyanto, ST, MT. Ia menjelaskan bahwa program integrasi ini sebagai langkah maju dan inovatif dari MAN 2 Bantul untuk menggunakan fasilitas teknologi canggih dan modern di tengah-tengah perubahan zaman yang semakin terasa. “Seperti halnya tujuan BMKG bahwa deteksi dini pada akhirnya diharapkan dapat mengurangi korban bencana yang dijumpai di Indonesia karena dengan deteksi dini tersebut, orang-orang lebih siap menghadapi jika ada bencana alam dating”, ujar Joko. (edp)

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter