Niels Bohr penemu model atom bohr

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 
altNiels Bohr adalah seorang ilmuwan fisika kenamaan asal Denmark yang memperkenalkan model atom Bohr. Model atom Bohr menggambarkan susunan atom yang paling terstruktur, mudah dan paling akurat. Atas karyanya ini Bohr mendapat penghargaan nobel Fisika tahun 1922.

Niels Bohr lahir di Kopenhagen Denmark 7 Oktober 1885 anak dari Christian Bohr seorang profesor fisika Universitas Kopenhagen. Bohr tumbuh dalam lingkungan keluarga yang mengutamakan pendidikan sehingga bakat dan kejeniusannya terasah sejak kecil. Selain ayahnya sebagai seorang fisikawan, ibunya juga berasal dari keluarga terkemuka dalam bidang pendidikan.

Bohr masuk di Gammelholn Grammar School tahun 1903 kemudian melanjutkan ke Universitas Kopenhagen Denmark. Ia banyak dibimbing oleh Prof C. Christiansen dalam penelitian dan riset yang dilakukannya. Gelar master fisika ia peroleh tahun 1909 dan akhirnya gelar doktor fisika ia peroleh tahun 1911. Ia kemudian memilih tinggal di Cambridge dan bekerja di laboratorium Cavendish di bawah bimbingan JJ Thompson sambil mengembangkan teori-teorinya. Tahun 1912 ia kemudian pindah ke Kota Manchaster bekerja di labolatorium Prof Rutherford dan menjadikannya semakin intensif dalam aktivitas sains.

Beranjak dari teori mengenai penyerapan sinar alfa, Bohr mempelajari struktur atom dengan dasar penemuan Rutherford tentang inti atom. Dengan merujuk teori kuantum yang ditemukan Plant, ia kemudian berhasil menampilkan sebuah gambaran mengenai inti atom. Dengan berbagai penemuan Heisenberg model atom Bohr berhasil menguraikan perangkat fisika dan kimia element tersebut. Atas karyanya ini Bohr mendapat hadiah nobel fisika tahun 1922.

Tahun 1913-1914 Bohr menjadi dosen fisika di Universitas Kopenhagen, kemudian pindah menjadi dosen fisika Universitas Victoria di Manchaster. Tahun 1916 ia kemudian diangkat menjadi guru besar fisika Universitas Kopenhagen dan mendirikan Institut Fisika Teoritis di Universitas tempatnya mengajar. Selain sumbangannya mengenai model atom, masih ada sederet sumbangan lain Bohr di bidang Fisika. Ia menghasilkan sekitar 115 karya. Tiga diantarnya diterbitkan dalam bahasa inggris yaitu: Theory and spectra and atomic constitution (1922), Atomic Theory and the description of nature (1934) The Unity of Knowledge (1955).

Pada masa pendudukan Nazi atas wilayah Denmark, ia melarikan diri ke Swedia dan menghabiskan waktu selama 2 tahun di Inggris dan Amerika untuk proyek energi atom. Di tahun-tahun terakhir hidupnya, ia mengabdikan diri bagi penerapan fisika atom untuk perdamaian dan masalah-masalah politik yang muncul akibat senjata atom. Bohr kemudian meninggal 18 November 1962 di Kopenhagen Denmark.
Diambil dari Buku 100 tokoh abad 20
Penerbit Nuansa

LAST_UPDATED2

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter